Bugah

Bugah

Bugah ialah kaum muslim yang tidak ta’at kepada imam muslimn[khalifah]karena ada kekeliruan[keraguan]faham.

Apabila dalam Negara Islam terdapat kaum bugah,wajib atas imam[khalifah]memerangi mereka dengan syarat2 sebagai berikut:

  1. Ada kekuatan pada mereka,berarti mereka dapat melawan imam.
  2. Mereka keluar dari imam[tidak mengikuti perintah imam lagi].
  3. Penyebab mereka keluar dari imam adalah karena ada kekeliruan atau keraguan paham,dan dengan kekeliruan paham ini mereka berpendapat bahwa mereka boleh keluar dari perlindungan imam mereka.

Cara memerangi  bugah hendaklah  dengan cara membela diri,sebagaimana yang telah dijelaskan.Berarti dengan tertib mulai dari yang seringan-ringannya,karena yang dimaksud adalah supaya mereka kembali taat kepada imam,dan melenyapkan kejahatan mereka.Oleh karena itu,kaum bugah yang tertawan tidak boleh dibunuh,harta mereka tidak dijadikan harta rampasan.

Firman Allah SWT:

‘’Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! tapi kalau yang satu melanggar perjanjian terhadap yang lain, hendaklah yang melanggar perjanjian itu kamu perangi sampai surut kembali pada perintah Allah. kalau dia Telah surut, damaikanlah antara keduanya menurut keadilan, dan hendaklah kamu berlaku adil; Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.[Q.S.Al-Hujurat:9]

About admin

Nama saya gilang mahival, Hanya seorang hamba allah yang gemar menimba ilmu dari pesantren ahlussunnah. Dan mengharapkan ridha nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*