Home / Shalat / FASAL MENERANGKAN SHOLAT ‘IDUL FITRI DAN ‘IDUL ADHA

FASAL MENERANGKAN SHOLAT ‘IDUL FITRI DAN ‘IDUL ADHA

Shalat-Idul-adha

FASAL MENERANGKAN SHOLAT ‘IDUL FITRI DAN ‘IDUL ADHA

Sholat ‘ied hukumnya sunat muakkad.baik dilakukan secara berjama’ah ataupun sendiri ,baik sedang keadaan musafir ataupun mukim,baik kepada laki2 ataupun perempuan yang tidak menimbulkan fitnah.

Adapun sholat ‘ied dilakukan 2 roka’at.Dan pada roka’at pertama membaca takbir 7 kali setelah takbirotul ihram.Dan pada roka’at kedua membaca takbir 5 kali selain takbirotul qiyam.Setelah melakukan sholat disunatkan melakukan khutbah 2kali.Didalam khutbah pertama harus membaca takbir teru menerus.Didalam takbir kedua harus membaca takbir 7 kali.

Dan disunahkan pada hari ‘ied membaca takbir.Kalau didalam sebelum ‘idul fitri,sunat melakukan takbir muqoyyad,yaitu takbir yang dibacakan dari mulai terbenam matahari sampai melakukan sholat ‘idul fitri.Adapun takbir didalam ‘idul adha sunat membaca takbir setelah sholat subuh pada tanggal 9 dzulhijjah sampai setelah solat ‘asar pada tanggal 11 dzulhijjah.

About admin

Nama saya gilang mahival, Hanya seorang hamba allah yang gemar menimba ilmu dari pesantren ahlussunnah. Dan mengharapkan ridha nya.

One comment

  1. Mari maksimalkan 10 hari terkahir Ramadhan dengan ibadah dan amalan yang terbaik kita, jangan lupa sebelum Sholat Ied ada kewajiban zakat fitrah
    ACT Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*