Home / Shalat / Hal – hal yang dapat membatalkan shalat

Hal – hal yang dapat membatalkan shalat

1. Berbicara dengan ucapan manusia sekalipun dengan 2 huruf/ 1huruf tapi memberikan makna seperti ucapan Qi (Arab: harus menjaga kamu)

kecuali kalau didalam shalat memakai bahasa Al-Qur’an maka itu tidak batal (contoh: kita sedang shalat ada tamu kemudian membaca salam tapi kita sedang shalat di dalam, kemudian ketika sedang shalat mengucapkan: UDKHULUUHAA BISALAAMIN AAMINIIIN)

kecuali apabila dia lupa sedang shalat tidak batal, tapi tidak batal itu kalau bicaranya sedikit maksimal 6 kalimat.

kecuali tidak tahu bicara dapat membatalkan shalat karena baru masuk islam, tapi tidak batal itu kalau bicaranya sedikit maksimal 6 kalimat.

kalau sudah lama masuk islam tapi tidak tahu, tetap saja batal dan shalatnya harus di Qodo.

2. Dengan melakukan gerakan yang banyak dan terus menerus  3 gerakan  dan lebih, (contoh: ketika takbirotul ikhram selain mengangkat 2 tangan juga menggerakan kepala, karena itu sudah dihitung 3 gerakan yaitu 2 tangan dan 1 kepala)

3. Dengan melakukan gerakan yang sangat, meskipun 1 kali gerakan (contoh: loncat, nonjok) kecuali shalat syidatul khouf maka tidak batal beberapa gerakan (contoh: shalat sangat takut, misalnya ketika shalat ketika perang)

4. Menambah Rukun Fi’li dengan sengaja (contoh: seperti sujud 3x)

5. Melakukan satu gerakan tapi bercanda/main-main (contoh: mencolek temannya)

6. Makan/minum: Jikalau makanan nyempil di gigi, terus di ludahkan keluar maka batal alasannya karena sama dengan melakukan tiupan kecuali kalau ditempelkan kepada tangan/ lengan baju. Jikalau makanan nyempil di gigi terus dimakan sama batal juga. Kecuali kalau lupa atau tidak tahu karena baru masuk islam dengan catatan makan/minum sedikit.

Jikalau misalnya shalat setelah minum es jeruk/minuman berasa dan waktu shalat ada terasa rasa minuman itu di ludah maka tidak batal.

7. Niat membatalkan shalat (contoh: ketika shalat niat mau dibatalkan, langsung batal, jika ragu – ragu juga batal)

8. Menggantungkan membatalkan shalat (contoh: seperti sebelum shalat niat kalau si A datang ke rumah maka shalat akan dibatalkan, maka shalatnya batal dari awal)

9. Ragu – ragu didalam niat takbirotul ikhrom (apakah niat atau tidak)

10. Terbuka Aurat dengan disengaja

Tapi kalau terbuka aurat karena tertiup angin dan langsung ditutup lagi itu tidak membatalkan kecuali kalau yang membukakan aurat makhluk hidup itu batal.

11. Membelakangi kiblat/berbalik dari kiblat sekalipun sedikit

Kecuali kalau berpaling dari kiblatnya lupa dan langsung menghadap kiblat lagi itu tidak membatalkan.

12. Tertawa terbahak bahak/Pura – pura batuk/berdehem.

13. Berbuat Murtad

Yaitu melakukan pekerjaan yang dapat memutuskan syahadat (contoh: Sujud dalam shalat tapi niat sujudnya kepada selain Allah, waktu didalam shalat besok niat akan kufur, didalam shalat berucap Allah ada 3)

About admin

Nama saya gilang mahival, Hanya seorang hamba allah yang gemar menimba ilmu dari pesantren ahlussunnah. Dan mengharapkan ridha nya.

2 comments

  1. Kalau ragu ragu nya terus terusan jadi batal semua sholatnya? Saya jadi banyak was was karena baca2 seperti ini soal ragu2 😢😢

    • Sering nya itu ragu ragu karena setan membisiki bukan karena ragu dari diri sendiri.klo karena setan tapi kita tetap yakin tidak batal ya tidak batal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*