Home / Mutiara Hikmah / Kegagalan Bukanlah Segalanya Teman…

Kegagalan Bukanlah Segalanya Teman…

“Orang yang membangga –nanggakan jerih payah dan perbuatannya, ketika gagal akan berkurang harapannya terhadap rahmat Allah”

Jika dirimu mempunyai anggapan bahwa segala sesuatunya yang telah engkau petik di dunia ini atas jerih payahmu sendiri, maka berarti engkau membanggakan diri terhadap kemampuanmu. Engkau akan menemui penyesalan ketika kelak gagal. Engkau akan menyesal manakal mendapati hasil yang tidak sesuai dengan harapan.

Manusia seringkali lupa bahwa di balik daya upaya dirinya itu ada kekuatan yang maha kuat. Kekuatan yang berkuasa dan menentukan harapan – harapannya.

Jika Mata hatimu jernih teman, maka engkau aan melihat bahwa asal penyebab di balik jerih payahmu dan hasil yang kaudapatkan hanyalah dari Allah semata.

Keyakinan ini haruslah ditanamkan di dalam hati, agar engkau tidak menyesal manakala ikut bermain dalam kehidupan ini kemudian terantuk batu sandungan: GAGAL! Begitu juga jika engkau berhasil dalam mencapai harapan, maka engkau tak akan kufur nikmat.

Kebanyakan di antara manusia lupa diri. Mereka menganggap semua harapain itu dapat diraih dengan kekuatan usahanya sendiri. Karenanya jika ia telah dapat mencapai kenikmatan hidup. Akhirnya jadi berbangga diri. Mereka mengingkari nikmat yang dirasakan. Mereka lupa bahwa yang menentukan hasil akhir dari jerih payahnya adalah Tuhan. Tanpa campur tangan kekuasaannya, tak mungkin dapat mencapai kenikmatan itu.

Ingatlah, jika engkau lupa bahwa takdir Allah itu sangat mempengaruhi jerih payahmu, maka engkau pasti kecewa ketika menemui kegagalan.

Tetapi jika dirimu sadar terhadap adanya penyebab kegagalan di balik usaha, maka kegagalan hanya engkau pandang sebagai peringatan guna memperkuat kesadaran dalam berkehendak. Orang yang mengaku Iman, tentu menyadarkan harapannya kepada yang mengabulkan cita – cita (Allah).

About admin

Nama saya gilang mahival, Hanya seorang hamba allah yang gemar menimba ilmu dari pesantren ahlussunnah. Dan mengharapkan ridha nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*