Home / Islam / Haji & Umroh / KITAB HAJI DAN UMROH

KITAB HAJI DAN UMROH

kumpulan-doa-haji-dan-umroh

            KITAB HAJI DAN UMROH

Haji[asal maknanya]adalah’’menyengaja sesuatu’’.Haji yang dimaksud disini adalah [menurut syara’]ialah ‘’sengaja mengunjungi ka’bah [rumah suci]untuk melakukan beberapa amal ibadah,dengan syarat2  tertentu’’.

            PERMULAAN WAJIB HAJI

Pendapat ulama dalam hal menentukan permulaan wajib haji ini tidak sama;sebagian mengatakan pada tahun keenam Hijriah,yang lain mengatakan pada tahun kesembilan Hijriah.

Haji diwajibkan atas orang yang kuasa,satu kali seumur hidupnya.Ibadah haji itu wajib segera dikerjakan.Artinya apabila orang tersebut telah memenuhi syarat2nya,tetapi masih dilalaikannya juga [tidak dikerjakannya pada tahun itu],maka ia berdosa karena kelalaiannya tersebut.

            SYARAT2 WAJIB HAJI

1.Beragama islam,[tidak wajib,tidak sah haji orang kafir]

2.Ber’akal,[tidak wajib atas orang gila dan orang bodoh]

3.Balig,[sampai umur 15 tahun,atau balig dengan tanda2 lain],tidak wajib haji atas anak2.

4.Kuasa,[tidak wajib haji atas orang yang tidak mampu].

Pengertian mampu itu ada 2 macam;

1.Mampu mengerjakan haji dengan sendirinya,dengan beberapa syarat sebagai berikut;

a.Mempunyai bekal yang cukup untuk pergi ke Mekkah dan kembalinya.

b.Ada kendaraannya yang pantas dengan kendaraannya,baik kepunyaan sendiri ataupun dengan jalan menyewa.Syarat ini bagi orang yang jauh tempatnya dari Mekkah adalah dua marhalah[80,640 km].Orang yang jarak tempatnya dari Mekkah kurang dari itu,sedangkan ia kuat berjalan kaki,maka ia wajib mengerjakan haji.

c.Aman perjalanannya.Artinya di masa itu biasanya orang2 yang melalui jalan itu selamat sentosa.Tetapi kalau lebih banyak yang celaka atau sama banyaknya antara yang celaka dan yang selamat,maka tidak wajib pergi haji,bahkan haram pergi kalau lebih banyak yang celaka dari pada yang selamat.

d.Syarat wajib haji bagi perempuan,hendaklah ia berjalan bersama-sama dengan mahramnya,bersama-sama dengan suaminya,atau bersama-sama dengan perempuan yang dipercayai.

About admin

Nama saya gilang mahival, Hanya seorang hamba allah yang gemar menimba ilmu dari pesantren ahlussunnah. Dan mengharapkan ridha nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*