Home / KITAB HUDUD[HUKUMAN] / KITAB HUDUD [HUKUMAN]

KITAB HUDUD [HUKUMAN]

KITAB HUDUD[HUKUMAN]

Hudud adalah hukuman2 tertentu yang diwajibkan atas orang yang melanggar larangan2 tertentu,yaitu sebagai berikut;

Larangan berzina

Zina yang mewajibkan hukuman adalah yang memasukkan kemaluan laki2 sampai tekuknya kedalam kemaluan perempuan yang diingini lagi haram karena zat perbuatan itu.Terkecuali yang tidak diingini-misalnya mayat-atau tidak haram karena zat perbuatan,misalnya bercampur dengan istri diwaktu haid.Perbuatan itu tidak mewajibkan hukuman zina meskipun perbuatan itu haram;begitu juga mencampuri binatang.

Orang berzina ada 2 macam

  1. Yang dinamakan ‘’muhsan’’,yaitu orang yang sudah balig,berakal,merdeka,sudah pernah bercampur dengan jalan yang sah.Hukuman terhadap zina muhsan adalah rajam[dilontar dengan batu yang sederhana sampai mati]
  2. Orang yang tidak muhsan[yang tidak mencukupi syarat2 diatas],yaitu gadis dengan bujang.Hukuman terhadap mereka adalah didera seratus kali dan diasingkan keluar daerah/luar negeri selama satu tahun.

Firman Allah SWT:

‘’Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, Maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.[Q.S.An-Nuur:2]

Hukuman hamba laki2 dan perempuan adalah seperdua dari hukuman orang2 yang merdeka,yaitu 50 kali dera dan diasingkan dari Negara itu selama setengah tahun.

Firan Allah SWT:

‘’Dan barangsiapa diantara kamu (orang merdeka) yang tidak cukup perbelanjaannya untuk mengawini wanita merdeka lagi beriman, ia boleh mengawini wanita yang beriman, dari budak-budak yang kamu miliki. Allah mengetahui keimananmu; sebahagian kamu adalah dari sebahagian yang lain, Karena itu kawinilah mereka dengan seizin tuan mereka, dan berilah maskawin mereka menurut yang patut, sedang merekapun wanita-wanita yang memelihara diri, bukan pezina dan bukan (pula) wanita yang mengambil laki-laki lain sebagai piaraannya; dan apabila mereka Telah menjaga diri dengan kawin, Kemudian mereka melakukan perbuatan yang keji (zina), Maka atas mereka separo hukuman dari hukuman wanita-wanita merdeka yang bersuami. (Kebolehan mengawini budak) itu, adalah bagi orang-orang yang takut kepada kemasyakatan menjaga diri (dari perbuatan zina) di antara kamu, dan kesabaran itu lebih baik bagimu. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang[q.s.An-Nisa:25].

Adapun anak2 dan orang gila,tidak didera,baik laki2 ataupun perempuan.Orang yang mencampuri laki2 hukumannya seperti zina.

Larangan menuduh orang berzina

Menuduh orang berbuat zina termasuk  dosa besar,dan mewajibkan hukuman dera.Orang merdeka didera 80 kali,dan hamba sahaya 40 kali,dengan beberapa syarat yang akan dibahas kemudian.

Firman Allah SWT:

‘’Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, Maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. dan mereka Itulah orang-orang yang fasik.[Q.S.An-Nuur:4]

Syarat tuduhan yang mewajibkan dera 80 kali yaitu;

  1. Orang yang menuduh itu sudah balig,berakal dan bukan ibu,bapak atau nenek dan seterusnya dari yang dituduh.
  2. Orang yang dituduh adalah orang islam,,sudah balig,berakal,merdeka,dan terpelihara[orang baik].

Gugurnya hukum dera menuduh

Hukuman tuduhan dari yang menuduh gugur dengan 3 jalan:

  1. Mengemukakan saksi 4 orang,menerangkan bahwa yang tertuduh itu betul2 berzina.
  2. Dima’afkan oleh yang tertuduh.
  3. Orang yang menuduh istrinya berzina dapat terlepas dari hukuman dengan jalan li’an.

About admin

Nama saya gilang mahival, Hanya seorang hamba allah yang gemar menimba ilmu dari pesantren ahlussunnah. Dan mengharapkan ridha nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*