Home / KITAB UQUDULLUJAIN / KITAB ‘UQUDULLUJAIN

KITAB ‘UQUDULLUJAIN

Kitab ini terdiri atas 4 pembahasan yang mengemukakan setitik gambaran tentang wanita yang pada dasarnya terkait dengan pembahasan2 berikutnya.Adapun 4 pembahasan itu sebagai berikut:

  1. Hak istri atas suami

Dalam pembahasan ini terdapat beberapa tinjauan penting antara lain adalah perlakuan baik suami terhadap istri,nafkah,mas kawin,serta pemberian lain dari suami.Selain itu,juga kewajiban suami memberikan pelajaran dibidang keagamaan sesuai dengan kebutuhan istri baik mengenai masalah2 ibadah wajib maupun sunat kendatipun sifatnya tidak muakkad[sangat dianjurkan dalam agama].Hal lain yang harus diajarkan suami adalah mengenai kewajiban istri mena’ati suami dalam melakukan hal2 yang tidak maksiat.

  1. Hak suami atas istri

Dalam pembahasan ini terkait dengan masalah2 seperti keta’atan istri kepada suami diluar kemaksiatan,perlakuan baik istri terhadap suami,kemudian penyerahan diri istri kepada suaminya.Selain itu,adalah mengenai kewajiban istri untuk selalu berada dirumah suami,disamping menjaga diri dari perbuatan mesum.Tinjauan yang lain adalah mengenai masalah menutup aurat dan kejujuran mengenai haid maupun sudah tidak haid.

  1. Keutamaan salat dirumah bagi wanita

Pembahasan ini menyinggung masalah salat bagi wanita,seperti melaksanakan salat didalam rumah dan dimasjid bersama Nabi saw.disamping itu,juga menyinggung hal2 pengaruh syetan terhadap wanita,dan anjuran2 Nabi saw.sehubungan dengan pengaruh2 syetan tersebut.

  1. Larangan bagi laki2 melihat wanita lain dan sebaliknya

Pembahasan ini diRhkan pada persoalan laki2 dan wanita,terutama menyangkut hal2 yang diharamkan,seperti laki2 melihat wanita bukan muhrimnya atau sebaliknya.Demikian pula halnya laki2 yang sudah beristri,atau wanita yang sudah bersuami.Diluar itu terdapat hal2 seperti analogi hukum bagi remaja sehubungan dengan larangan diatas,dan masalah berjabat tangan,berdua ditempat yang sepi,serta masalah2 lain yang tidak dibenarkan dalam agama.

About admin

Nama saya gilang mahival, Hanya seorang hamba allah yang gemar menimba ilmu dari pesantren ahlussunnah. Dan mengharapkan ridha nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*