Home / KITAB HUDUD[HUKUMAN] / Larangan meminum minuman keras [memabukkan]

Larangan meminum minuman keras [memabukkan]

Larangan meminum minuman keras[memabukkan]

 

Meminum minuman keras yang memabukkan,misalnya arak dan sebagainya,hukumnya haram,dan merupakan sebagian dari dosa besar,karena menghilangkan akal adalah suatu larangan yang keras sekali,karena akal itu sungguh penting dan berguna,maka wajib dipelihara dengan sebaik-baiknya.

Tiap2 minuman yang memabukkan ,diminum banyak ataupun sedikit tetap haram,walaupun yang sedikit itu tidak sampai memabukkan .

Firman Allah SWT:

‘’Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.[Al-Maidah :90]

Orang yang meminum minuman keras wajib didera 40 kali apabila ada saksi dua orang laki2 atau dia mengaku sendiri.Bukan saja minuman,tetapi suatu makanan yang menghilangkan akal,seperti  candu dan lain2nya,hukumnya juga haram karena termasuk dalam arti memabukkan.

About admin

Nama saya gilang mahival, Hanya seorang hamba allah yang gemar menimba ilmu dari pesantren ahlussunnah. Dan mengharapkan ridha nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*