Home / KITAB NIKAH / MUT’AH [PEMBERIAN]

MUT’AH [PEMBERIAN]

            MUT’AH[PEMBERIAN]

Mut’ah adalah suatu pemberian suami kepada istrinya sewaktu dia menceraikannya.Pemberian ini diwajibkan atas laki2 apabila perceraian itu terjadi karena  kehendak suami.Tetapi kalau perceraian itu karena kehendak si istri maka pemberian  itu tidak wajib.

Banyaknya pemberian itu menurut keridhoan keduanya dengan mempertimbangkan keadaan kedua suami istri.Akan tetapi sebaiknya jangan kurang dari seperdua mahar.

Firman Allah SWT:

‘’ Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu menikahi perempuan- perempuan yang beriman, Kemudian kamu ceraikan mereka sebelum kamu mencampurinya Maka sekali-sekali tidak wajib atas mereka ‘iddah bagimu yang kamu minta menyempurnakannya. Maka berilah mereka mut’ah dan lepaskanlah mereka itu dengan cara yang sebaik- baiknya.[Q.S.Al-Ahzab:49]

                PERAYAAN

Orang yang menikah hendaklah mengadakan perayaan menurut kemampuannya.Mengenai hukum perayaan tersebut,sebagian ulama mengatakan wajib,sedangkan yang lain mengatakan hanya sunat.

Sabda Nabi SAW kepada Abdurrahman bin ‘Auf sewaktu dia menikah:

او لم ولو بشاة .رواه البخارى والمسلم

‘’Adakanlah perayaan walaupun hanya memotong seekor kambing.’’[H.R.Bukhari dan Muslim]

Memenuhi undangan perayaan pernikahan hukumnya wajib bagi orang yang tidak berhalangan.

Sabda Nabi SAW:

اذا دعي احدكم الى وليمة فليؤ تها .رواه البخارى ومسلم

‘’Apabila salah seorang seorang diantara kamu diundang ke perayaan pernikahan,maka hendaklah ia datang.[H.R.Bukhari dan Muslim]

About admin

Nama saya gilang mahival, Hanya seorang hamba allah yang gemar menimba ilmu dari pesantren ahlussunnah. Dan mengharapkan ridha nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*