Home / Shalat / SHOLAT ISTISQO’

SHOLAT ISTISQO’

istisqa1

            SHOLAT ISTISQO’

Sholat istisqo adalah sholat meminta turunnya hujan dari Allah,dan hukumnya sunat bagi setiap orang yang membutuhkan air disebabkan tidak turunnya hujan atau sudah tidak keluarnya sumberan air.Seorang pemimpin sunat memerintahkan rakyatnya untuk melakukan taubat ,sodaqoh dan keluar dari perbuatan dzolim dan melakukan perdamaian dengan musuh,dan memerintahkan berpuasa 3 hari sebelum datangnya waktu m elaksanakan sholat istisqo’.Dan pada hari keempatnya,si imam[pemimpin]beserta masyarakatnya mendatangi tempat yang akan dilaksanakan sholat istisqo’ dengan memakai pakaian sehari hari tanpa memakai minyak wangi dan dengan khusyu’,rendah diri dan merasa hina diri.Dan pada waktu keluarnya mengajak anak2 kecil,orang tua dan binatang ternak.Alasannya,sebab do’a para orang tua lebih dekat kepada di ijabah.

Sebab ada hadist yang menyatakan kalau  seandainya sudah tidak  ada binatang yang tidak bersuara dan para orang tua yang masih ruku’,para anak kecil yang masih menyusu,maka pasti siksaan akan ditibakan kepada kalian.

Sholat istisqo’ dilakukan 2 roka’at,pelaksanaannya sama dengan sholat ‘ied,yaitu pada roka’at pertama sunat membaca iftitah,ta’awudz dan membaca takbir 7 kali,dan pada roka’at kedua membaca takbir 5 kali,kemudian setelah salam diteruskan dengan 2 kali khutbah yang pelaksanaannya sama dengan sholat ‘ied.Tapi didalam awal khutbah bacaan takbir diganti dengan bacaan istigfar,kalau didalam khutbah pertama 9 kali istigfar dan didalam khutbah kedua 7 kali istigfar.

Dan setelah melakukan khutbah si khotib sunat merobahkan sorbannya yang asalnya sebelah kanan jadi sebelah kiri,yang asalnya diatas jadi di bawah,dan semua yang hadir pun mengikuti kelakuan khotib yaitu memindahkan sorbannya,setelah itu si khotib sunat memperbanyak do’a dan istigfar,apalagi do’a yang biasa di baca oleh Rosulullah SAW.

About admin

Nama saya gilang mahival, Hanya seorang hamba allah yang gemar menimba ilmu dari pesantren ahlussunnah. Dan mengharapkan ridha nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*