Home / KITAB JINAYAT / SYARAT-SYARAT WAJIB QIYAS [HUKUM BUNUH]

SYARAT-SYARAT WAJIB QIYAS [HUKUM BUNUH]

SYARAT-SYARAT WAJIB QIYAS [HUKUM BUNUH]

  1. Orang yang membunuh itu sudah balig dan berakal.
  2. Yang membunuh bukan bapak dari yang dibunuh.
  3. Orang yang dibunuhtidak kurang derajatnya dari yang membunuh.Yang dimaksud dengan derajat disini ialah agama dan merdeka atau tidaknya,begitu juga anak dengan bapak.Oleh karenanya,bagi orang islam yang membunuh orang kafir,tidak berlaku qisas;begitu juga orang merdeka,tidak diqisas jika membunuh hamba,dan bapak tidak diqisas jika membunuh anaknya.
  4. Yang membunuh itu adalah orang yang terpelihara darahnya,dengan islam atau dengan perjanjian.

Tiap-tiap dua orang yang berlaku antara keduanya qiyas,berlaku pula antara keduanya hukum potong atau qata’,dengan syarat seperti yang telah disebutkan pada syarat qisas,ditambah dengan syarat2 dibawah ini;

  1. Hendaklah nama[jenis]kedua anggota itu sama,misalnya kanan dengan kanan,kiri dengan kiri,dibawah dengan dibawah,dan seterusnya.Oleh karena itu,tidak dipotong kiri dengan kanan,tidak pula kaki dengan tangan,tidak dipotong ibu jari dengan kelingking.
  2. Keadaan anggota yang terpotong tidak kurang dari anggota yang dipotong.Oleh sebab itu,tidak dipotong tangan yang sempurna dengan tangan syalal[kering,tidak mempunyai kekuatan].

Tiap2 anggota yang terpotongdari peruasannya,berlaku padanya qisas,berarti dia harus dipotong juga.Adapun luka,tidak diqisas,tetapi yang jelas dapat disamakan dengan ukuran panjang,lebar dan dalamnya.

About admin

Nama saya gilang mahival, Hanya seorang hamba allah yang gemar menimba ilmu dari pesantren ahlussunnah. Dan mengharapkan ridha nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*