Home / FARAID / WASIAT

WASIAT

                        WASIAT

Wasiat ialah pesan tentang suatu kebaikan yang akan dijalankansesudah seseorang meninggal dunia.Hukum wasiat adalah sunat.Sesudah Allah menerangkan beberapa ketentuan dalam pembagian harta pusaka,diterangkan pula bahwa pembagian harta pusaka tersebut hendaklah dijalankan.

Sabda Rasulullah SAW:

ما حق امرئ مسلم له شيئ يريد ان يو صي فيه يبيت ليلتين الا ووصيته مكتو بة عنده .رواه الشيخا ن و غيرهما

“Tidak ada hak seorang muslim yang mempunyai sesuatu,yang pantas diwasiatkan sampai dua mlam,melainkan hendaklah wasiatnya tertulis disisi kepalanya.”[H.R Bukhari  Muslim  dan lain-lain]

                RUKUN WASIAT

  1. Ada orang yang berwasiat,hendaklah bersifat mukallaf dan berhak berbuat kebaikan serta dengan kehendaknya sendiri.
  2. Ada yang menerima wasiat,hendaklah dengan jalan yang bukan ma’siat,baik pada kemaslahatan umum,seperti membangun masjid,sekolah atau yang lainnya.Tetapi kalau kepada yang tertentu,hendaklah ditambah syarat yang bersifat seseorang yang boleh memiliki.
  3. Sesuatu yang diwasiatkan,disyaratkan dapat berpindah milik dari seorang kepada orang lain.
  4. Lafadz[kalimat]wasiat,yaitu kalimat yang dapat dipahami untuk wasiat.

Sebanyak-banyak wasiat adalah sepertiga dari harta,tidak boleh lebih,kecuali apabila diizinkan oleh semua ahli waris sesudah orang yang berwasiat itu meninggal.

Wasiat hanya ditujukan kepada orang yang bukan ahli waris,adapun kepada ahli waris wasiat tidak sah,kecuali apabila diridakan oleh semua ahli waris yang lain sesudah meninggalnya yang berwasiat.

Agar terjaminnya keberesan wasiat dikemudian hari,maka sewaktu berwasiat hendaklah disaksikan oleh sekurang-kurangnya dua orang yang adil.

Wasiat tersebut diatas adalah wasiat yang berkaitan dengan harta,adapula wasiat yang berkaitan dengan hak kekuasaan[tanggung jawab]yang akan dijalankan sesudah ia meninggal dunia.

About admin

Nama saya gilang mahival, Hanya seorang hamba allah yang gemar menimba ilmu dari pesantren ahlussunnah. Dan mengharapkan ridha nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*